Sunday, September 2, 2018

SISTEM PERTANIAN


Menurut Pilecki pengertian dari sistem adalah sekumpulan ojek dan menghubug+kan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian dan atribut. Maka dapat di  jelaskan sistem pangan merupakan semua kegiatan yang mencakup produksi, prosesing, transportasi dan konsumsi pangan. Menurut Teken sistem pertanian adalah suatu rangkaian aktivitas yang saling berkaitan, yang keberhasilan pengembangannya sangat ditentukan oleh tingkat keandalan dari setiap komponen yang menjadi subsistemnya.
Dengan terdapatnya sistem pertanian yang baik, secara otomatis akan mendorong terwujudnya sistem pangan yang baik juga. Beberapa langkah dalam mendukung konsep ketahanan pangan diantaranya meningkatkan diversifikasi pangan, meningkatkan nilai tambah, daya saing dan ekspor, serta meningkatkan kesejahteraan petani. Ketersediaan pangan yang cukup dapat diartikan sebagai kondisi dimana jumlah dari bahan pangan yang dibutuhkan oleh seluruh penduduk tersedia dari segi kuantitas dan kualitas.
Ketahanan pangan sendiri dapat diartikan sebagai kesetaraan setiap masyarakat dalam mengakses terhadap makanan untuk mendapatkan hidup yang sehat dengan gizi yang baik. Ketahanan pangan merupakan misi dari setiap negara, dimana akses terhadap makanan merupakan hak asasi yang harus dijamin oleh negara. Dimana upaya dalam memperkuat ketahanan pangan ini sangat penting karena dapat meningkatan akses masyarakat ekonomi golongan bawah terhadap pangan sehingga meraka bisa hidup lebih produktif guna meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, juga sebagai penyedia sumberdaya manusia sehat dan berkualitas untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing, serta meningkatkan keamanan nasional.
Secara umum terdapat 4 aspek strategis dalam ketahanan pangan. Dimana syarat mutlak untuk mencapai ketahanan pangan yang baik harus terpenuhi kondisi dari masing-masing aspek secara simultan. Dengan adanya 4 aspek, maka ketahanan pangan dipandang sebagai suatu sistem yang merupakan rangkaian dari tiga komponen utama, diantaranya ketersedian dan stabilitas pangan, kemudahan memperoleh pangan, serta pemanfaatan pangan.  Berikut aspek-aspek dari ketahanan pangan diantaranya:
  1. Ketersedian pangan
  2. Stabilitas Pangan
  3. Akses
  4. Waktu
Berikut subsistem dalam sistem pangan, gizi, dan kesehatan:
·         Penyediaan pangan
1.      Produksi pangan :dimana penyediaannya petama mengarah pada konsumsi
2.      Pasca panen         :dilihat dari pengeringannya dan dapat dipasarkan dalam kualitas yang baik
3.      Perdagangan bahan pangan dimana ketika tidak cukup dalam mencukupi kebutuhan pangan akan melakukan impor. Dan sebaliknya ketika output lebih
4.      Teknologi pangan
·         Distribusi pangan
Kelancaran distribusi sangat tergantung pada kondisi sarana transport bahan makanan.
·         Konsumsi pangan
Konsumsi pangan teridiri dari komoditas pangan dalam perdagangan
·         Utilitas makanan
Dimana didalamnya memperhatikan mengenai nutritional value dan social value
·         Pengadaan pangan, lingkungan tempat hidup penduduk bersama dengan hubungan kolektif yang berbentuk secara alami, teknologi dan interaksi manusia. Sistem pengadaan pangan dimana pangan diproduksi dan didistribusikan.


No comments:

Post a Comment